Nursyamsiyah, Mega (2022) Kemampuan penalaran adaptif siswa berdasarkan intuisi deduktif melalui pembelajaran Discovery berbantuan Malmath : Penelitian quasi eksperimen pada kelas XI SMAN Cimanggung Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran adaptif siswa yang kurang terlihat, hal ini berakibat pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: pencapaian penalaran adaptif bila diterapkannya pembelajaran Discovery berbantuan Malmath, perbedaan peningkatan dan pencapaian kemampuan penalaran adaptif siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery berbantuan Malmath dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berbantuan telegram untuk perbedaan pencapaian ditinjau dari intuisi deduktif dengan kategori (tinggi, sedang dan rendah). Metode yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN Cimanggung Kabupaten Sumedang dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik Probability Sampling. Hasil penelitian sebagai berikut: pencapaian penalaran adaptif bila diterapkannya pembelajaran Discovery berbantuan Malmath berjalan secara efektif. Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery berbantuan Malmath tidak lebih baik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berbantuan telegram, terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran adaptif siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery berbantuan Malmath lebih baik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berbantuan telegram ditinjau dari intuisi deduktif dengan kategori (tinggi, sedang dan rendah). Dengan demikian pembelajaran Discovery berbantuan Malmath menuntut siswa untuk lebih mandiri dalam belajar, menemukan masalah, mengimplementasikan media sehingga mampu meningkatkan penalaran adaptif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery; Malmath; kemampuan penalaran adaptif; intuisi deduktif |
Subjects: | Mathematics Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Analysis, Theory of Functions Analysis, Theory of Functions > Integral Calculus and Integral Equations |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mega Nursyamsiyah |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 01:38 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 01:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50352 |
Actions (login required)
View Item |