Lisnawati, Nina (2022) Efektivitas pembelajaran Google Meet berbantuan aplikasi Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (731kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman konsep sangat penting ditanamkan pada siswa, karena kemampuan memahami konsep menjadi dasar bagi siswa untuk berpikir dan memecahkan masalah dengan benar dan tepat. Siswa mengalami kesulitan dalam mempelajarai dan memahami konsep matematika, terutama ketika materi diubah menjadi masalah yang berbeda. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa adalah menggunakan pembelajaran google meet berbantuan aplikasi geogebra. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, efektivitas pembelajaran google meet berbantuan aplikasi geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran google meet berbantuan Aplikasi Geogebra. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga sampel yang terpilih yaitu kelas XI MIA 3 dan XI MIA5. XI MIA 3 menggunakan pembelajaran google meet tanpa bantuan aplikasi geogebra (kelas konvensional), sedangkan XI MIA 5 menggunakan pembelajaran google meet berbantuan aplikasi geogebra (kelas eksperimen). Instrumen yang digunakan yaitu tes PAM, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan lembar skala sikap. Temuan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran google meet berbantuan Aplikasi Geogebra dan konvensional; (b) tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran google meet berbantuan Aplikasi Geogebra dan konvensional berdasarkan tingkat PAM; (c) pembelajaran google meet berbantuan aplikasi geogebra efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa ;(d) dan pada umumnya siswa memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran google meet berbantuan Aplikasi Geogebra.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Google Meet; Aplikasi Geogebra; Pemahaman Konsep Matematis; |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics Algebra > Algebra Combined with Other Brances Analysis, Theory of Functions > Integral Calculus and Integral Equations |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nina Lisnawati |
Date Deposited: | 09 May 2022 02:48 |
Last Modified: | 09 May 2022 02:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50726 |
Actions (login required)
View Item |