Srimulya, Rina (2022) Meta-analisis efektivitas model pembelajaran Cooperative Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Biologi di SMA/MA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya hasil belajar kognitif siswa di jenjang SMA/MA, berdasarkan kurikulum 2013 yang menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dan peminatan penelitian pada tema cooperative learning di lingkungan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menuntut untuk dilakukannya meta-analisis terkait cooperative learning, Penelitian dilakukan untuk mendeskripsiskan efektivitas model pembelajaran cooperative learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi biologi di SMA. Penelitian merupakan meta-analisis dengan menggunakan pendekatan embedded design dengan menganalisis hasil-hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan cooperative learning terhadap hasil belajar kognitif pada materi biologi. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran cooperative learning untuk memberikan ruang kepada siswa bekerja sama saling membantu, mengkontruksi konsep dan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Sampel yang dianalisis adalah 13 skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung rentang tahun 2013-2021. Berdasarkan analisis nilai effect size secara keseluruhan didapkan nilai rata-rata effect size 1,45 yang termasuk kategori efek sangat besar. Temuan analisis menunjukan bahwa model pembelajaran cooperative learning memberikan pengaruh positif dan efektif dilihat dari segi tipe model, media dan materi yang dipelajar. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran cooperative learning sangat efektif terhadap meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning; Hasil Belajar; Meta-analisis; |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rina Srimulya |
Date Deposited: | 11 May 2022 02:55 |
Last Modified: | 11 May 2022 02:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50885 |
Actions (login required)
View Item |