Ramadhan, Agung (2022) Pembelajaran Hybird Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian terhadap siswa kelas 6 SD IT Bhaskara Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya melakukan kegiatan belajar mengajar dalam kondisi penyebaran virus Covid-19, dilakukan sistem pembelajaran secara daring. Namun, penerapan sistem tersebut masih mendapatkan keluhan baik dari siswa maupun orang tua. Hybrid Learning merupakan penggabungan dua metode pembelajaran atau lebih diterapkan di SD IT Bhaskara Garut. Proses pembelajaran menggunakan teknologi, serta menyisipkan kalimat motivasi masih kurang mampu memotivasi siswa dalam pembelajaran PAI. Diperlukan inovasi baru dalam proses pembelajaran baik dari segi program maupun motivasi siswa yang perlu ditingkatkan. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran Hybrid Learning terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Sistem pembelajaran Hybrid Learning pada mata pelajaran PAI di SD IT Bhaskara Garut . 2) Cara meningkatkan motivasi belajar siswa dengan adanya Hybrid Learning pada mata pelajaran PAI di SD IT Bhaskara Garut. 3) Pengaruh pembelajaran Hybird Learning terhadap motivasi belajar siswa di SD IT Bhaskara Garut. Penelitian ini diasumsikan terdapat korelasi antara metode pembelajaran Hybird Learning dengan motivasi belajar siswa. Dari asumsi tersebut maka dapat ditarik hipotesis terdapat pengaruh antara pembelajaran Hybird Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Semakin baik metode pembelajaran Hybird Learning mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga hasil serta dengan adanya semacam reward bagi siswa dapat meningkatkan motivasi belajar agar siswa mendapatkan hasil yang maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan metode deskriptif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi serta angket. Dalam penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 30 orang dari siswa kelas VI SD IT Bhaskara Garut. Teknis analisis data menggunakan dua pendekatan yaitu analisis parsial dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1.) Hybird Learning di SD IT Bhaskara Garut termasuk pada kualifikasi positif dengan skor rata-rata jawaban siswa terhadap angket yang diajukan diperoleh angka sebesar 3,06. 2.) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VI termasuk pada kualifikasi tinggi dengan memperoleh angka 3,59. 3.) Pehitungan pengaruh pembelajaran Hybird Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 74%, diperoleh 0,854 dan dibandingkan dengan signifikansi 0,05 (0,854>0,05) maka dinyatakan terdapat pengaruh signifikan antara pembelajaran Hybird Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Hybrid Learning; Motivasi belajar; PAI |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agung Ramadhan |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:55 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53870 |
Actions (login required)
View Item |