Pengaruh penerapan metode menghafal terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MI Ibrahim Ulul Azmi Kota Bandung

Yansyah, Dandi (2022) Pengaruh penerapan metode menghafal terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MI Ibrahim Ulul Azmi Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Ibrahim Ulul Azmi. Padahal guru sudah menerapkan metode pembelajaran yang baik seperti menghafal, dimulai dengan kegiatan guru memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi, serta guru sudah memberikan perhatian kepada siswa dengan memberikan hukuman. Namun, pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan motivasi belajar, sementara hasil belajar siswa masih di bawah KKM pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan mtoivasi dan hasil belajar siswa, (2) mengetahui peningkataan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui penerapan metode menghafal, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui penerapan metode menghafal. Penelitian ini berpijak dari pemikiran bahwa bahwa penggunaan metode pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap timbulnya aktivitas belajar yang kondusif, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Metode menghafal merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru (teacher centered approach). Melalui metode ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik serta mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian quasi eksperimen dengan tujuan untuk mengungkapkan sebab akibat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Ibrahim Ulul Azmi kota Bandung. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara dan angket. Desain penelitian quasi experimen dengan rancangan posttest only design with nonequivalent control groups dengan hanya mendapatkan uji satu kali yaitu posttest. Data yang terkumpul diolah secara statistik inferensial melalui Uji Independent t Test dengan menggunakan program SPSS.v.26. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidayiyah (MI) Ibrahim Ulul Azmi diperoleh skor persentasi aktivitas guru 66% dengan kategori cukup yang berada pada rentang 56-70%, kemudian aktivitas belajar siswa diperoleh skor 47% yang termasuk pada kategori kurang dengan rentang antara 41-55%. (2) Penggunaan metode menghafal berpengaruh positif terhadap motivasi belajar kelas eksperimen dengan persentase rata-rata 80,07 yang termasuk pada kategori sangat baik. (3) Penerapan metode menghafal mempengaruhi hasil belajar siswa, berdasarkan pada hasil uji Mann Whitney U nilai signifikasi atau Asymp. Sig (2 tailed) 0,014. Hal ini menujukan bahwa penggunaan metode menghafal dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Menghafal; Motivasi; Hasil Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dandi Yansyah
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:51
Last Modified: 02 Aug 2022 03:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54401

Actions (login required)

View Item View Item