Jaya, Encep Supriatin (2022) Manajemen strategik pendidikan berbasis Masjid dalam mengembangkan kepribadian anak : Penelitian di Masjid Al-Mukarromah Cikarang Utara, Izzatul Islam Tambun Selatan dan Jami At-Taqwa Gandasari Cikarang Barat Kabupaten Bekasi). Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
Cover.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Manajemen Strategik Revisi2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II Manajemen Strategik Revisi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
BAB III Manajemen Strategik.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV Manajemen Strategik Revisi Akhir.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
Bab V Manajemen Strategis Revisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Manajemen merupakan proses yang sangat penting yang mampu menggerakkan suatu organisasi. Tanpa manajemen yang efektif dan efisien tak akan ada usaha yang berhasil lama. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi: 1) Formulasi, 2) Implementasi, 3) Evaluasi, 4) Faktor pendukung dan penghambat, dan 5) Dampak implementasi manajemen strategik pendidikan berbasis masjid dalam mengembangkan kepribadian anak. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa masjid memiliki fungsi strategik dalam masyarakat Islam. Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga berfungsi sebagai media pembinaan umat secara holistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan penelitian ini adalah studi kasus, karena peneliti merasa paling tepat menggunankan metode ini untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang gambaran manajemen strategik pendidikan berbasis masjid dalam mengembangkan keribadian anak. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data: pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, generalisasi serta simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Formulasi meliputi: a) pengembangan visi dan misi; b) mengidentifikasi kesempatan dan ancaman eksternal organisasi; c) menentukan kekuatan dan kelemahan internal; d) menciptakan tujuan jangka Panjang; e) memulai strategi alternatif, dan memilih strategi khusus untuk dicapai; 2. Implementasinya, melalui: a) formulasi; b) pelaksanaan dan c) Evaluasi; 3. Evaluasi yang dilakukan dengan cara: a) meninjau ulang faktor eksternal dan internal yang menjadi dasar strategi; b) mengukur kinerja; dan c) mengambil tindakan korektif; 4. Faktor pendukung meliputi a) kondisi keuangan, b) sumber daya manusia dan kualitas managemen masjid yang sehat, c) eksisting organisasi yang dapat dipertahankan, dan d) masyarakat dan kaum dermawan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: a) sistem manajemen masjid masih lemah; b) pola pikir masyarakat yang masih kolot,; c) sistem penganggaran atau keuangan masjid berasal dari masyarakat yang posisinya sebagai dana waqaf atau amal jariyah; d) Keterbatasan anggaran, sarana-prasarana masjid, tenaga profesional di bidang Pendidikan dan; 6) Lemahnya dukungan pemerintah, ormas dan masyarakat di sekitar masjid; 5. Dampak , yaitu : a) sikap dan akhlak para peserta didik secara langsung dapat terlihat; b) terbiasa melakukan ibadah; c) terbiasa membaca al-Qur’an, menghafalnya dan d) melakukan shalat wajib dan sunah.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemem Strategik Pendidikan Masjid dan Kepribadian Anak |
Subjects: | General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Encep Supriatin Jaya |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 10:24 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 10:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55283 |
Actions (login required)
View Item |