Penerapan metode pembelajaran Brain Storming berbantuan E-Modul dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa

Faddilah, Qorri Ilmi (2022) Penerapan metode pembelajaran Brain Storming berbantuan E-Modul dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa melalui penerapan Metode Pembelajaran Brain Storming Berbantuan E-Modul. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui; (a) Gambaran proses keterlaksanaan guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran Brain Storming berbantuan E-Modul, (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (c) peningkatan motivasi belajar siswa, serta (d) pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel dari penelitian ini merupakan kelas VIII B dan VIII C SMP Al-Ma’soem. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang diuji menggunakan Uji-t independent diperoleh hasil : (a) Persentase gambaran proses keterlaksanaan guru dan siswa memperoleh masing-masing kategori baik dan sangat baik, (b) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh kategori Sedang, namun begitu kelas yang menggunakan pembelajaran Brain Storming Berbantuan E-Modul memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas Konvensional, (c) Peningkatan motivasi belajar siswa memperoleh kategori rendah, namun begitu kelas yang menggunakan pembelajaran Brain Storming Berbantuan E-Modul memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas Konvensional, (d) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran Brain Storming berbantuan E-Modul dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi; Metode Pembelajaran; Brain Storming; Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Mathematics > Mathematicians
Applied mathematics > Game Theory Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Qorri Ilmi Faddilah
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:11
Last Modified: 15 Sep 2022 05:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56866

Actions (login required)

View Item View Item