Faddilah, Qorri Ilmi (2022) Penerapan metode pembelajaran Brain Storming berbantuan E-Modul dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (420kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa melalui penerapan Metode Pembelajaran Brain Storming Berbantuan E-Modul. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui; (a) Gambaran proses keterlaksanaan guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran Brain Storming berbantuan E-Modul, (b) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (c) peningkatan motivasi belajar siswa, serta (d) pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel dari penelitian ini merupakan kelas VIII B dan VIII C SMP Al-Ma’soem. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang diuji menggunakan Uji-t independent diperoleh hasil : (a) Persentase gambaran proses keterlaksanaan guru dan siswa memperoleh masing-masing kategori baik dan sangat baik, (b) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh kategori Sedang, namun begitu kelas yang menggunakan pembelajaran Brain Storming Berbantuan E-Modul memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas Konvensional, (c) Peningkatan motivasi belajar siswa memperoleh kategori rendah, namun begitu kelas yang menggunakan pembelajaran Brain Storming Berbantuan E-Modul memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas Konvensional, (d) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran Brain Storming berbantuan E-Modul dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi; Metode Pembelajaran; Brain Storming; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | Mathematics > Mathematicians Applied mathematics > Game Theory Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Qorri Ilmi Faddilah |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 05:11 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 05:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56866 |
Actions (login required)
View Item |