Gemilang, Intan Febrilianti (2022) Bimbingan Islami dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita melalui pelatihan Activity of Daily Living: Penelitian di SLB BC Sukamandi Jl. PT. Sang Hyang Seri, Desa Ciasemgirang, Kec.Ciasem Kab.Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (699kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi atas kecemasan orang tua yang berlebih karena mempunyai anak berkebutuhan khusus seperti anak tunagrahita. Mereka beranggapan bahwa anak tunagrahita ringan/sedang tidak memiliki potensi, tidak bisa mandiri dan akan selalu bergantung dengan orang lain, dengan demikian orang tua akan melayani dengan sepenuhnya kebutuhan dari bangun tidur hingga tidur kembali. Pernyataan orang tua tersebut tidak sepenuhnya benar, anak tunagrahita bisa dilatih dan dibina kemandiriannya seperti halnya di SLB BC Sukamandi yang memberikan bimbingan kemandirian pada anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana bimbingan kemandirian berbasis agama pada anak tunagrahita melalui pelatihan Activity of Daily Living di SLB BC Sukamandi Subang. Penelitian ini didasari oleh konsep kemandirian anak menurut Sa’diyah (2017: 35) yaitu anak yang mampu melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari sendiri, dan konsep bimbingan yang disesuaikan dengan konsep perkembangan serta kemampuan yang dimiliki anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pelaksanaan bimbingan Islami dalam meningkatkan kemandirian pada anak tunagrahita dengan pelatihan Activity of Daily Living di SLB BC Sukamandi, terdapat kondisi anak sebelum dilakukannya bimbingan, serta proses bimbingan, dan hasil bimbingan. Pelatihan Activity of Daily Living (ADL) menggunakan proses dan tahapan yang disesuaikan dengan anak untuk mencapai hasil bimbingan yaitu meningkatnya kemandirian pada penyandang tunagrahita. Diadakannya pelatihan Activity of Daily Living (ADL) ini agar dapat memotivasi anak serta menggali potensi dan kemampuan dalam kemandirian anak untuk melakukan kegiatan kesehariannya dengan baik, agar tidak terus bergantung pada orang lain serta meningkatkan kepercayaan diri anak yang berlandaskan ajaran agama Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islam; Kemandirian; Activity of Daily Living; Anak Tunagrahita |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Intan Febrilianti Gemilang |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 05:35 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 05:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57975 |
Actions (login required)
View Item |