Wulandari, Diva Nur (2022) Pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftar isi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab 1.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab 2.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab 3.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
7_bab 4.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
8_bab 5.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
9_daftarpustaka.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran AIR mengasumsikan bahwa siswa akan berhasil jika fokus pada ketiga faktor yaitu Auditory, Intelectually, Repetition. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran AIR untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment, dengan nonequivalent control group desaign. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model AIR terlaksana dengan kategori yang “Sangat baik” sesuai data keterlaksanaan memperoleh rata-rata presentase 92% dari kedua observer pada pertemuan pertama dan 99% pada pertemuan kedua. Peningkatan hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata ngain pada kelas eksperimen sebesar 0,78 dengan kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis juga menunjukan Sig. 2-tailed (0,031) ≤ Ttabel (α = 0,05) berarti terdapat perbedaan antara kedua kelas. Indikator hasil belajar yang memiliki kategori pencapaian paling baik adalah indikator menjelaskan siklus menstruasi sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. Rata-rata persentase respon siswa terhadap pembelajaran AIR sebesar 81% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian ini model pembelajaran AIR berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa serta membuat siswa lebih aktif dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Teori belajar; Auditory; Intelectually; Repetition; Sistem Reproduksi; |
Subjects: | Education > Philosophy and Theory of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Education, Research Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Diva Nur Wulandari |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 07:39 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 07:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58261 |
Actions (login required)
View Item |