Pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi

Wulandari, Diva Nur (2022) Pengaruh model pembelajaran Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab 2.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_bab 3.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_bab 4.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_bab 5.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_daftarpustaka.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran AIR mengasumsikan bahwa siswa akan berhasil jika fokus pada ketiga faktor yaitu Auditory, Intelectually, Repetition. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran AIR untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment, dengan nonequivalent control group desaign. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model AIR terlaksana dengan kategori yang “Sangat baik” sesuai data keterlaksanaan memperoleh rata-rata presentase 92% dari kedua observer pada pertemuan pertama dan 99% pada pertemuan kedua. Peningkatan hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata n￾gain pada kelas eksperimen sebesar 0,78 dengan kategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis juga menunjukan Sig. 2-tailed (0,031) ≤ Ttabel (α = 0,05) berarti terdapat perbedaan antara kedua kelas. Indikator hasil belajar yang memiliki kategori pencapaian paling baik adalah indikator menjelaskan siklus menstruasi sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. Rata-rata persentase respon siswa terhadap pembelajaran AIR sebesar 81% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian ini model pembelajaran AIR berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa serta membuat siswa lebih aktif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Teori belajar; Auditory; Intelectually; Repetition; Sistem Reproduksi;
Subjects: Education > Philosophy and Theory of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Diva Nur Wulandari
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:39
Last Modified: 27 Sep 2022 07:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58261

Actions (login required)

View Item View Item