Manajemen strategi pondok pesantren dalam upaya mencetak hafidz quran: Studi deskriptif di Pesantren Inspiratif Al-Ilham Bojongsoang Bandung

Somantri, Eli (2020) Manajemen strategi pondok pesantren dalam upaya mencetak hafidz quran: Studi deskriptif di Pesantren Inspiratif Al-Ilham Bojongsoang Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan Pondok Pesantren tentunya mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan umat Islam di Indonesia. Di zaman era globalisasi saat ini pondok pesantren keberadaannya mampu menjawab tantangan zaman serta membantu mencerdaskan anak bangsa. Dalam perkembangannya pondok pesantren banyak melahirkan generasi Qurani sebagai tanda kemajuan pendidikan Islam. Karena Al- Quran sebagai pedoman hidup umat Islam, maka pondok pesantren adalah wadah umat Islam untuk memahami Al-Quran yang berisi nilai-nilai dan aturan hidup manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai manajemen strategi yang terdiri dari formulasi, implementasi serta evaluasi strategi yang berada di Pondok Pesantren Inpiratif Al-Ilham dalam rangka mencetak hafidz Quran. Maka dalam pelaksanaannya, pondok pesantren membutuhkan suatu konsep manajemen strategi guna mencetak kader-kader santri penghafal Al-Quran yang handal. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Strategi (formulating, Implementating, Evaluating) yang dikemukakan oleh Wahyudi, A.S. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Sehingga data yang terkumpul diinventarisir, kemudian dianalisis untuk memperoleh rumusan yang baik dan benar melalui pola berfikir induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Strategi di Pondok Pesantren Inspiratif Al-Ilham terdiri dari 3 unsur: Pertama, formulasi strategi yang menggali latar belakang perumusan visi (menjadi lembaga pendidikan Islam yang unggul dalam karakter dan prestasi serta budaya lingkungan) melalui berbagai misinya, menganalisis SWOT lingkungan, serta pembuatan strategi umum dan strategi khusus. Kedua, implementasi strategi berupa berbagai program tahfidzhul Quran, pembentukan oraganisasi dewan santri, serta pelatihan kinerja terhadap pengurus. Ketiga, evaluasi strategi dilakukan untuk mengetahui keberhasilan Pondok Pesantren Inspiratif Al-Ilham dalam menerapkan proses formulasi serta implementasi strategi, sehingga dapat diketahui hal apa saja yang harus dipertahankan dan diperbaiki di masa yang akan datang melalui evaluasi yang diadakan secara rutin. Maka manajemen strategik Pondok Pesantren Inspiratif Al- Ilham dalam Mencetak Hafidz Quran berhasil diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Pondok Pesantren; Tahfidz Qur’an
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Kitab-kitab Allah
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Eli Somantri
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:16
Last Modified: 04 Oct 2022 04:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58654

Actions (login required)

View Item View Item