Rif'atunnabilah, Khasna (2022) Penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI materi Fiqh pokok bahasan Mawaris: Penelitian quasi eskperimen terhadap siswa kelas XII SMK Negeri 6 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (585kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (920kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berlandaskan hasil belajar pokok bahasan Mawaris pada siswa SMK Negeri 6 Bandung kelas XII ini masih sangat dibawah rata-rata. Terdapat beberapa hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 6 Bandung ini sangat bervariasi antara lain adalah faktor dari guru, siswa, alat atau media, dan lingkungan. Faktor dari guru merupakan faktor yang yang berasal dari dalam diri guru itu sendiri. Tentang bagaimana guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, juga tentang ketepatan guru dalam memilih suatu strategi pembelajaran. Namun demikian, faktor dari diri siswa juga mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. Faktor dari diri siswa meliputi minat belajar, aktivitas belajar, intelegensi, motivasi, kebiasaan dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar siswa pada pokok bahasan mawaris sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), mengkaji penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada pokok bahasan mawaris dan menganilisis sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada pokok bahasan mawaris. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent kontrol group. Sampel penelitian menggunakan dua kelas yakni kelas XII TKRO 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TKRO 4 sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yakni tes hasil belajar (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen memperoleh pretest 66, posttest 83 sedangkan kelas kontrol memperoleh pretest 59, posttest 70. Berdasarkan nilai pretest dan posttest, kelas eksperimen memiliki peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11% dan kelas kontrol memiliki peningkatan hasil belajar siswa 8%. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data dapat dipahami bahwa nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,05. Karena nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterima atau peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dengan metode konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model Cooperative Integrated Reading adn Composition (CIRC) terdapat perbedaan secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Integrated and Composition (CIRC); Hasil Belajar; PAI; Siswa; Mawaris; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khasna Rif'atunnabilah |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 02:36 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 06:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58755 |
Actions (login required)
View Item |