Azizah, Siti Nur (2019) Pengaruh strategi pembelajaran Genius Learing (GL) terhadap keterampilan berfikir kritis siswa dalam materi virus. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER SITI NUR AZIZAH.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK SITI NUR AZIZAH.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI SITI NUR AZIZAH.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. BAB I SITI NUR AZIZAH.pdf Download (350kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. BAB II SITI NUR AZIZAH.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6. BAB III SITI NUR AZIZAH.pdf Restricted to Registered users only Download (711kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7. BAB IV SITI NUR AZIZAH.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8. BAB V SITI NUR AZIZAH.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA SITI NUR AZIZAH.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Siti Nur Azizah : Pengaruh Strategi Pembelajaran Genius Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Virus Strategi pembelajaran ini belum banyak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi virus. Sehingga diberlakukan penggunaan Strategi Genius Learning dalam pembelajaran agar dapat memberikan kesan belajar cepat dengan kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan strategi Genius Learning, menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus dengan menggunakan strategi GL dan yang tidak menggunakan strategi GL, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi GL. Metode penelitian yang digunakan quasy experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di kelas X MIPA SMA Darul Falah Cihampelas. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling hingga diperoleh dua kelas yang digunakan dalam penelitian, yaitu kelas X MIPA 3 kelas yang menggunakan strategi GL dan X MIPA 2 kelas tanpa menggunakan strategi GL. Instrumen yang digunakan lembar observasi, tes uraian kemampuan berpikir kritis (pretest dan posttest), dan angket. Hasil penelitian menunjukkan kelas yang menggunakan strategi ini rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 90,% kategori sangat baik, rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 90% kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan strategi ini memperoleh nilai n-gain sebesar 0,85 kategori tinggi, sedangkan yang tidak menggunakan strategi sebesar 0,84 kategori tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi GL pada materi virus kategori sedang dengan presentase 54%. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya pengaruh penggunaan strategi GL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus dengan nilai thitung (2,270) > ttabel (2,003) pada taraf signifikan 5% Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Genius Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Virus
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran Genius Learning; Keterampilan berfikir kritis; Virus |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Education, Research Human Anatomy, Cytology, Histology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Siti Nur Azizah |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 01:08 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 01:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59006 |
Actions (login required)
View Item |