Pesan rasa syukur atas nikmat hidup dalam aniasi CulapCulip: Analisi framing terhadap animasi CulapCulip episode "Kompilasi Empat"

Wahyudi, Adi (2022) Pesan rasa syukur atas nikmat hidup dalam aniasi CulapCulip: Analisi framing terhadap animasi CulapCulip episode "Kompilasi Empat". Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1 .pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy

Abstract

Youtube menjadi media yang sangat berpengaruh pada perkembangan revolusi digital internet yaitu terdapat pada perkembangan dakwah di media massa. Youtube sebagai media yang sangat berkembang dan menghasilkan feedback yang besar, video animasi juga menjadi salah satu media yang sangat berpengaruh dalam menyebarkan kebaikan. Sehingga banyak konten animasi-animasi yang dirasa mampu dan masuk kesemua golongan khalayak terutama anak-anak sampai remaja. Channel CulapCulip salah satu contoh animasi bernuansa Islami yang dibuat pada tanggal 28 Maret 2021. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui sintaksis pesan syukur atas nikmat hidup dalam animasi CulapCulip episode kompilasi; (2) Untuk mengetahui skrip pesan syukur atas nikmat hidup dalam animasi CulapCulip episode kompilasi empat; (3) Untuk mengetahui tematik pesan syukur atas nikmat hidup dalam animasi CulapCulip episode kompilasi empat; (4) Untuk mengetahui retoris pesan syukur atas nikmat hidup dalam animasi CulapCulip episode kompilasi empat. Landasan teori yang digunakan, pada penelitian ini adalah framing, analisis framing merupakan konstruksi bagaimana pesan disajikan untuk khalayak dengan struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Sehingga, dalam penelitian ini bisa menyimpulkan pesan rasa syukur atas nikmat hidup seperti apa yang ditonjolkan kepada khalayak umum. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi, yaitu pendekatan yang merupakan penilian tentang situasi kehidupan dan hal ini spesifikasinya juga adalah dekriptif, supaya mengetahui bagaimana isi pesan dalam isi video youtube. Pendekatan ini juga dilakukan untuk melihat isi dalam potongan ¬frame kejadian-kejadian secara visual dan beberapa dialog yang terdapat dalam video episode kompilasi empat dengan mengedepankan analisis Framing Zhondang Pan dan Gerald.M. Kosiscki. Hasil penelitian yang ditulis dapat disimpulkan bahwa Pada struktur sintaksis, meliputi pesan rasa syukur atas nikmat Hidup (kembali kepadanya-Nya adalah nikmat dari Allah SWT), pesan musibah dalam hidup adalah nikmat dari Allah SWT dan pesan rasa syukur nikmat fitrah, iman dan Islam dalam hidup. Kemudian pada struktur skrip, memberikan maksud dramatic cerita tema kematian, dramatic cerita tema musibah dan dramatic cerita tema infak dan sedekah. Pada struktur skrip pesan rasa syukur tidak berfoya-foya dalam hidup. Terakhir, struktur retoris, memberikan maksud meyakinkan dengan grafis-grafis yang mendukung alur cerita sehingga pesan informatif, koersif dan persuasif bisa tersampaikan dengan jelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Framing; Syukur; Animasi
Subjects: Moral Theology > Conscience
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Adi Wahyudi
Date Deposited: 04 Oct 2022 03:16
Last Modified: 04 Oct 2022 03:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59036

Actions (login required)

View Item View Item