Iman, Muhammad Nurul (2022) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Mingle berbasis aplikasi Quantitative Method for Windows 5. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (854kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Klari yang memberikan kesimpulan bahwa masih perlu ditingkatkannya lagi kemampuan pemecahan masalah matematis. Salah satu alternatif untuk menanggulangi permasalahan tersebut yaitu dengan model pembelajaran Mingle berbasis aplikasi Quantitative Method for Windows 5. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) peningkatan sikap kemandirian belajar siswa pada penggunaan model Mingle berbasis aplikasi Quantitative Method for Windows 5. Penelitian ini dilakukan di SMK Mekar Galih kelas X-A dan X-B menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran model Mingle berbasis aplikasi Quantitative Method for Windows 5 lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (b) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada PAM kelas model pembelajaran Mingle berbasis aplikasi Quantitative Method for Windows 5 maupun pada kelas konvensional berdasarkan pengujian anova dua jalur; (c) Terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa pada penggunaan model Mingle berbasis aplikasi Quantitative Method for Windows 5. Maka, model Mingle berbasis aplikasi Quantitative Method for Windows 5 mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Mingle; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemandirian Belajar; Aplikasi Quantitative Method for Windows 5. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Nurul Iman |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 02:11 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59100 |
Actions (login required)
View Item |