Nurhasanah, Risti (2022) Sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dan hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa menggunakan metode Ummi : Penelitian korelasional terhadap siswa Kelas VI di SD Ibnu Taimiyah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan siswa membaca Al-Qur’an banyak dipengruhi oleh berbagai faktor, baik itu faktor yang berasal dari dalam diri siswa (internal) maupun faktor yang berasal dari luar diri siswa (eksternal). Salah satu faktor yang berasal dari dalam diri siswa adalah faktor siswa. Faktor sikap dalam penelitian ini adalah mengenai komepetensi profesional guru PAI dalam menggunakan metode Ummi. Untuk itu dalam penelitian ini dipertanyakan sejauh mana hubungan antara sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Realitas sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dalam pelaksanaan metode Ummi di kelas VI SD Ibnu Taimiyah Bandung. 2) Realitas kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas VI SD Ibnu Taimiyah Bandung. 3) Hubungan sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menggunakan metode Ummi di kelas VI SD Ibnu Taimiyah Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dipengaruhi oleh sikap siswa terhadap kemampuan profesional guru PAI. dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis, semakin positif sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI maka akan semakin tinggi pula kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Sebaliknya, semakin negatif sikap siswa terhadap kemampuan profesional guru PAI maka semakin rendah pula kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui 1) observasi, yaitu untuk mendapatkan dan mencatat beberapa informasi yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan. 2) angket, yaitu pertanyaan yang berkaitan dengan kompetensi profesionalisme guru PAI yang disebarkan kepada siswa kelas VI di SD Ibnu Taimiyah Bandung. 3) dokumentasi, yaitu berupa data tentang sekolah dan dokumen selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Realitas sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dalam pelaksanaan metode Ummi termasuk pada kategori positif (skor 4,19). 2) Realitas kemampuan membaca Al-Qur’an siswa termasuk kategori sangat tinggi rata-rata skor dari seluruh indikator variabel Y yaitu sebesar 4,46. 3) realitas hubungan antara sikap siswa terhadap kompetensi profesioanl guru PAI dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menggunakan metode Ummi, diperoleh nilai 0,699 termasuk kateogori hubungan yang kuat. Dengan persentase sebesar 48,9%. Hal ini berarti terdapat 51,1% faktor lain yang ikut mempengaruhi kemampuan siswa membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap ; Kompetensi Profesional ; PAI ; Al-Qur'an ; Metode Ummi |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Risti Nurhasanah |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 08:34 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 08:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59616 |
Actions (login required)
View Item |