Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berbantu media Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia: Penelitian quasi-experiment pada siswa kelas XI di SMAN 1 Cibitung

Suparso, Alfiyah Kurniasari (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble berbantu media Kotak Kartu Misteri (KOKAMI) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia: Penelitian quasi-experiment pada siswa kelas XI di SMAN 1 Cibitung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Untuk mengatasi sebuah permasalahan dimana hasil belajar siswa rendah, maka diperlukan sebuah model dan media pembelajaran yang variatif yaitu model pemeblajaran kooperatif tipe scramble. Bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan aktivitas pembelajaran, menganalisis hasil belajar siswa dengan perlakuan (kelas eksperimen) dan tanpa perlakuan (kelas kontrol), menganalisis pengaruh, serta mengkaji respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model scramble berbantu media Kokami. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dan desain nonequivalent control group design. Data hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas pembelajaran mendapat rata-rata kriteria sangat baik, dilihat dari hasil nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,650 dan dilihat dari nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,559. Rata-rata hasil respon peserta didik sebesar 86,05% dengan interpretasi sangat baik. Hasil uji t didapatkan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,012 yang artinya tolak Ho terima H1. Maka model pembelajaran scramble berbantu media Kokami berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar peserta didik; Media KoKaMi; Model pembelajaran scramble; Sistem reproduksi manusia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Alfiyah Kurniasari Suparso
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:35
Last Modified: 07 Dec 2022 04:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61386

Actions (login required)

View Item View Item