Maulana, Agil (2022) Penerapan model pembelajaran Investigation-Based Multiple Representation (IBMR) menggunakan strategi AABTLT with SAS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida dinamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (474kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (606kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (677kB) |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad 21 adalah kemampuan pemecahan masalah. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran Investigation-Based Multiple Representation (IBMR) Menggunakan Strategi AABTLT With SAS pada materi fluida dinamis. Metode yang digunakan adalah pre-experimental, dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA IT Dipatiukur Ciparay, sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA SMA IT Dipatiukur Ciparay yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis AABTLT with SAS, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis yang digunakan yaitu presentase skor LKPD, N-Gain dan uji t paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran untuk pertemuan I, II, III, dan IV sebesar 85,22% dengan kategori sangat efektif. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan nilai N-Gain yaitu 0,80 dengan kategori tinggi. Hasil uji t diperoleh t_hitung=51,45163≥t_tabel=2,080, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sesudah diterapkan model pembelajaran Investigation-Based Multiple Representation (IBMR) menggunakan strategi AABTLT with SAS pada materi fluida dinamis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Investigation-Based Multiple Representation (IBMR); Kemampuan Pemecahan Masalah; Fluida Dinamis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Agil Maulana |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 01:25 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 01:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61432 |
Actions (login required)
View Item |