Milah, Siti Nur (2022) Analisi semiotika isi pesan dakwah dalam film Sultan Agung: Harta, tahta, cinta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (94kB) |
||
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (523kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
Abstract
Film merupakan salahsatu media dakwah yang efektif untuk menyampaikan pesan ajaran Islam. Film kerap menjadi media untuk menyampaikan ide, pemikiran, dan pesan tertentu dengan kemasan yang menarik dan menghibur. Sebagaimana film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta, film ini mengangkat sosok Raja Mataram ke-3 yaitu Sultan Agung. Sebagai film biopik yang mengangkat tokoh nyata dan dibalut dengan drama, film ini memadukan unsur sejarah, budaya, dan agama sehingga di dalamnya terdapat pesan-pesan dakwah yang disampaikan melalui visual dan dialog. Film mengandung tanda-tanda, dimana tanda-tanda tersebut menyimpan banyak makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos dalam film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan,Cinta. Makna-makna tersebut berhubungan dengan pesan yang mengandung ajaran Islam atau pesan dakwah Teori yang digunkan adalah teori Semiotika Roland Barthes berfokus pada dua tahap pemaknaan pada tanda-tanda. Pemaknaan tahap pertama disebut dengan denotasi, pemaknaaan tahap kedua disebut dengan konotasi, kemudian makna konotasi berkembang menjadi makna mitos. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Menggunakan sumber data primer yaitu tayangan film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta dan sumber data sekunder dari website dan blog. Penulis memaparkan analisis tanda-tanda yang mengandung pesan dakwah melalui pendekatan semiotika Roland Barthes. Dari hasil penelitian terhadap film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta didapatkan makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos. Makna denotasi beberapa adegan hanya ditinjau melalui visual, sedangkan yang lainnya menggunakan kedua aspek yaitu visual dan dialog. Makna konotasi dalam penelitian ini diparkan berdasarkan pesan pesan akidah, syari‘ah, dan akhlak. Sedangkan makna mitos film ini tergambar melalui ajaran-ajaran Islam yang melebur dengan ajaran agama Hindu dan budaya yang berkembang saat itu. Kata Kunci: Film Sultan Agung, Analisis Semiotika, Pesan Dakwah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Film Sultan Agung; Analisis Semiotika; Pesan Dakwah |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Siti Nur Milah |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 03:25 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 03:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61481 |
Actions (login required)
View Item |