Miladanta, Algi Nurahman (2022) Pengembangan modul digital berbasis Self Organized Learning Environment (SOLE) untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi alat optik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (51kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (21kB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (37kB) |
||
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media dan mengetahui peningkatan kemampuan kognitif terhadap modul digital berbasis Self Organized Learning Environment (SOLE) sebagai media pembelajaran pada materi alat optik. Metode penelitian menggunakan model yang dikembangkan oleh Richey and Klein (2007) yaitu pendekatan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996) dengan desain pembelajaran menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 3 MAN 3 Sukabumi dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi media, tes uraian kemampuan kognitif HOTS dan lembar kerja peserta didik. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar kerja peserta didik, N-gain dan uji t paired sample test. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) Modul digital berbasis SOLE dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi alat optik dengan persentase sebesar 98%, (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul digital berbasis SOLE untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi alat optik dikategorikan sangat baik dengan persentase yang diperoleh aktivitas guru sebesar 100% dan aktivitas peserta didik sebesar 96%, dan (3) Penggunaan modul digital berbasis SOLE dapat meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi alat optik dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata tinggi berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,72 dan nilai signifikansi yang digunakan adalah 5% dengan nilai tabel sebesar 2,09 dengan perolehan nilai thitung sebesar 33,17 sehingga thitung>ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif peserta didik yang signifikan setelah menggunakan modul digital berbasis Self Organized Learning Environment (SOLE).
Actions (login required)
View Item |