Apriliana, Bobby Adam (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan media gather town untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
Abstract
Idealnya dalam proses pembelajaran di dalam kelas, pendidik dapat senantiasa menumbuhkan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui (1) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Gather Town dan whatssap group dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divison (STAD) pada materi usaha dan energi. (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan Gather Town dan whatssap group dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian menggunakan two-group pretest-posttest satu kelompok. Sampel yang digunakan yaitu untuk kelas eksperimen dilakukan pada seluruh peserta didik kelas X 7 dan X 9 SMAN 27 Bandung yang masing masing berjumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif menggunakan media gather town terlaksana baik dengan nilai rata-rata nilai sebesar 83,3%. Sedangkan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif menggunakan media whatssap group terlaksana dengan baik juga dengan nilai rata-rata nilai sebesar 83,3% dengan kategori baik. Hasil perhitungan dan analisis N-gain menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif menggunakan gather town yaitu sebesar 0,67 dengan interpretasi sedang, sedangkan yang menggunakan media whatssap group sebesar 0,36 dengan interpretasi sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample test, menunjukkan bahwa nilai t_hitung (10,6704 )>t_tabel (1,994437) artinya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media gather town dibanding dengan kelas yang menggunakan whatssap group.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gather Town; Hasil Belajar; Kooperatif; STAD; Usaha dan energi |
Subjects: | Education Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education Education > Research and Statistical Methods Education, Research Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Bobby Adam Aprilian |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 02:25 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 02:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62348 |
Actions (login required)
View Item |