Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi

Lesmana, Moh Wildan (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran kooperatif MURDER pada materi usaha dan energi. Diharapkan dengan model pembelajaran Kooperatif MURDER dapat melatih dan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA SMA Darul Falah. Metode penelitiannya adalah pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi kelas XI MIPA SMA Darul Falah sebanyak 175 peserta didik, sampel yang diambil dengan simple random sampling kelas XI MIPA 5 dengan jumlah peserta didik 34 orang. Data mengenai keterlaksanaan guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui tes soal uraian sebanyak 7 soal. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan peserta didik menggunakan model pembelajaran Kooperatif MURDER mengalami peningkatan disetiap pertemuannya; dengan rata-rata keterlaksanaan dari seluruh pertemuan aktivitas guru sebesar 89% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik sebesar 82% dengan kategori baik. Selain itu juga terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif MURDER dengan peningkatan dari rata-rata nilai n-gain sebesar 0,67 yang termasuk kedalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mood; Understand; Recall; Digest; Expand; Review; (MURDER); pemahaman konsep; usaha dan energi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Moh Wildan Lesmana
Date Deposited: 22 Feb 2018 02:19
Last Modified: 22 Feb 2018 02:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6314

Actions (login required)

View Item View Item