Lesmana, Moh Wildan (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (420kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran kooperatif MURDER pada materi usaha dan energi. Diharapkan dengan model pembelajaran Kooperatif MURDER dapat melatih dan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA SMA Darul Falah. Metode penelitiannya adalah pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi kelas XI MIPA SMA Darul Falah sebanyak 175 peserta didik, sampel yang diambil dengan simple random sampling kelas XI MIPA 5 dengan jumlah peserta didik 34 orang. Data mengenai keterlaksanaan guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui tes soal uraian sebanyak 7 soal. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan peserta didik menggunakan model pembelajaran Kooperatif MURDER mengalami peningkatan disetiap pertemuannya; dengan rata-rata keterlaksanaan dari seluruh pertemuan aktivitas guru sebesar 89% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik sebesar 82% dengan kategori baik. Selain itu juga terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif MURDER dengan peningkatan dari rata-rata nilai n-gain sebesar 0,67 yang termasuk kedalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mood; Understand; Recall; Digest; Expand; Review; (MURDER); pemahaman konsep; usaha dan energi; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Moh Wildan Lesmana |
Date Deposited: | 22 Feb 2018 02:19 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 02:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6314 |
Actions (login required)
View Item |