Miftahuddin, Miftahuddin (2022) Strategi dakwah digital organisasi keagamaan : Studi kasus pada website NU Online Jabar. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
Abstract
Dakwah islam merupakan proses transformasi penyampaian pesan dakwah kepada muslim atau bahkan nonmuslim, kegiatan dakwah dapat dilakukan melalui media internet. NU Online Jabar merupakan situs resmi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Barat (PWNU Jabar) yang fokus pada gerakan digitalisasi dakwah untuk mengenalkan ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah dan juga menjadi sarana koordinasi antar lembaga di lingkungan NU Jawa Barat. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah digital yang dilakukan melalui website NU Online Jabar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, manajemen strategi taktik persuasif dakwah digital melalui website NU Online Jabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yaitu metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan theory the planning, theory the strategic management dan theory new media. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yaitu pertama, perencanaan dakwah digital melalui NU Online Jabar dimulai dari proses pengumpulan dan menganalisis data, baik permasalah umat maupun khalayak, kemudian perumusan implementasi dakwah yang bertujuan untuk sosialisasi nilai-nilai, sosok kyai, informasi kegiatan Nahdlatul Ulama di Jawa Barat, pengembangan pesan Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah, dengan menggunakan media digital, selanjutnya evaluasi kualitas dan konten dakwah. Kedua manajemen strategi dakwah digital melalui NU Online Jabar diawali dengan menjadikan nilai-nilai ke-NU-an sebagai pedoman produksi konten dakwah, kemudian implementasi strategi dengan memproduksi kontek dakwah mengenai pesan Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah dengan metode dakwah kelembutan, selanjutnya melakukan evaluasi strategi terhadap kualitas SDM dan konten dakwah. Ketiga, taktik persuasif dakwah digital melalui NU Online Jabar diantaranya penyampaian informasi sesuai dengan kebenaran yang terjadi, menghadirkan patos, disajikan dengan bahasa yang santun, menyertakan beberapa kutipan tokoh Nahdlatul Ulama dan memegang teguh ajaran islam Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah pada setiap artikel yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Dakwah Digital; Organisasi Keagamaan |
Subjects: | Special Computer Methods Islam > Organizations of Islam Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Miftahuddin Miftahuddin |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 02:15 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/63595 |
Actions (login required)
View Item |