Penerapan metode cooperative learning tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas X MA Al-Imaroh: Penelitian Quasi eksperimen di kelas X MA Al-Imaroh

Febrianti, Riska (2022) Penerapan metode cooperative learning tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas X MA Al-Imaroh: Penelitian Quasi eksperimen di kelas X MA Al-Imaroh. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di Madrasah Aliyah (MA) Al-Imaroh, terlihat adanya hasil belajar kognitif yang masih relatif rendah khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Adapun metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab. Metode pembelajaran konvensional ini dirasa belum cukup dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Diasumsikan perlu diterapkannya metode pembelajaran baru pada proses pembelajaran yang dapat membangkitkan siswa untuk belajar sehingga hasil belajar kognitif dapat meningkat. Solusi alternatif dari penulis yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dirasa cukup representatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) 2) Perbedaan Hasil belajar kognitif siswa yang diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan Hasil Belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas X MA Al-Imaroh. Dalam suatu pembelajaran, dibutuhkan suatu metode yang membuat suasana pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan agar belajar tidak membosankan dan siswa menjadi aktif. Untuk membuat siswa aktif dan pembelajaran berpusat pada siswa maka diperlukan suatu pembelajaran aktif. Salah satu pembelajaran aktif adalah pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara. Penyebaran tes ditujukan kepada 60 peserta didik sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT berlangsung dengan sangat baik memiliki persentase keterlaksanaan pembelajaran diperoleh aktivitas guru sebesar 95,83% dan aktivitas siswa sebesar 95% dan Perbedaan hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest, untuk kelas eksperimen sebesar 60.00 sedangkan kelas kontrol sebesar 54.00. Hasil uji-t yang diperoleh hasil Asymp. Sig (2 tailed) 0.03 < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya, terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan yang diterapkan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode;Teams Games Tournament;Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riska Febrianti
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:58
Last Modified: 10 Feb 2023 01:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64409

Actions (login required)

View Item View Item