Model pembelajaran Brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor

Meilani, Yona (2014) Model pembelajaran Brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Keterampilan berpikir ktitis perlu dikuasai peserta didik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMAN 1 Pedes Karawang, nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pelajaran fisika masih terkategori rendah. Pembelajran yang monoton membuat peserta didik cenderung kurang aktif dan hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga proses berpikir kritis peserta didik menjadi tidak berkembang. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah model pembelajaran brainstorming. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran brainstorming dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA I yang berjumlah 35 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan peserta didik setiap pertemuannya dengan rata-rata 92% yang termasuk pada kategori sangat baik. Selain itu terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor dengan peningkatan sebesar 0,5 yang termasuk pada kategori sedang. Dengan demikian, model pembelajaran brainstorming dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Brainstorming; keterampilan berpikir kritis; suhu dan kalor;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: novella astri
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:25
Last Modified: 13 Feb 2023 04:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64458

Actions (login required)

View Item View Item