Fadilah, Rahmawati Oktoviana (2022) Intentional Growth Training (IGT) untuk meningkatkan Personal Growth Initiative pada Emerging adult yang mengalami Future Anxiety. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (56kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu permasalahan yang sering dialami individu pada fase emerging adulthood adalah Future Anxiety sebagaimana yang terjadi pada siswa kelas 12 MAN 4 Bogor. Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa individu dengan personal growth initiative yang tinggi mampu menghadapi fase krisis dalam hidupnya dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan suatu tindakan yang dapat membantu meningkatkan personal growth initiative guna mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan memberikan suatu pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas suatu model pelatihan yaitu Intentional Growth Training (IGT) yang diduga dapat meningkatkan Personal Growth Initiative (PGI). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dengan desain non randomized pretest-postest control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 12 MAN 4 Bogor sebanyak 46 orang yang memiliki tingkat future anxiety yang tinggi dan kemampuan PGI yang rendah. Metode pengumpulan data menggunakan skala future anxiety, PGIS II, Observasi dan manipulation check. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Independent sample T-test dan Paired sample T-test. Untuk melihat besaran dampak yang diberikan peneliti menggunakan rumus Effect size Cohen’s d. Hasil analisis data menunjukan ada perbedaan tingkat PGI pada pretest dan posttest kelompok eksperimen dengan taraf signifikansi .000 < .05 dan tidak ada perbedaan tingkat PGI pada pretest posttest kelompok kontrol dengan taraf signifikansi .105 > .05. Kemudian besaran efek yang diberikan Intentional growth training adalah sebesar 3. yang termasuk pada kategori large effect. Hasil manipulation check menunjukan bahwa Intentional Growth Training mempengaruhi 23 subjek eksperimen dalam mengisi posttest. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa Intentional Growth Training memberikan efek positif terhadap peningkatan personal growth initiative siswa kelas 12 MAN 4 Bogor yang mengalami future anxiety.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Personal Growth Initaitive; Intentional Growth Training; Future Anxiety |
Subjects: | Knowledge > Descriptive and Experimental Methods Psychology > Miscellany of Psychology Applied Psychology Applied Psychology > Counseling and Interviewing |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Rahmawati Oktoviana Fadilah |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 00:36 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 00:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64776 |
Actions (login required)
View Item |