Intentional Growth Training (IGT) untuk meningkatkan Personal Growth Initiative pada Emerging adult yang mengalami Future Anxiety

Fadilah, Rahmawati Oktoviana (2022) Intentional Growth Training (IGT) untuk meningkatkan Personal Growth Initiative pada Emerging adult yang mengalami Future Anxiety. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering dialami individu pada fase emerging adulthood adalah Future Anxiety sebagaimana yang terjadi pada siswa kelas 12 MAN 4 Bogor. Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa individu dengan personal growth initiative yang tinggi mampu menghadapi fase krisis dalam hidupnya dengan baik. Oleh karena itu dibutuhkan suatu tindakan yang dapat membantu meningkatkan personal growth initiative guna mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan memberikan suatu pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas suatu model pelatihan yaitu Intentional Growth Training (IGT) yang diduga dapat meningkatkan Personal Growth Initiative (PGI). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dengan desain non randomized pretest-postest control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 12 MAN 4 Bogor sebanyak 46 orang yang memiliki tingkat future anxiety yang tinggi dan kemampuan PGI yang rendah. Metode pengumpulan data menggunakan skala future anxiety, PGIS II, Observasi dan manipulation check. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Independent sample T-test dan Paired sample T-test. Untuk melihat besaran dampak yang diberikan peneliti menggunakan rumus Effect size Cohen’s d. Hasil analisis data menunjukan ada perbedaan tingkat PGI pada pretest dan posttest kelompok eksperimen dengan taraf signifikansi .000 < .05 dan tidak ada perbedaan tingkat PGI pada pretest posttest kelompok kontrol dengan taraf signifikansi .105 > .05. Kemudian besaran efek yang diberikan Intentional growth training adalah sebesar 3. yang termasuk pada kategori large effect. Hasil manipulation check menunjukan bahwa Intentional Growth Training mempengaruhi 23 subjek eksperimen dalam mengisi posttest. Oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa Intentional Growth Training memberikan efek positif terhadap peningkatan personal growth initiative siswa kelas 12 MAN 4 Bogor yang mengalami future anxiety.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Personal Growth Initaitive; Intentional Growth Training; Future Anxiety
Subjects: Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Psychology > Miscellany of Psychology
Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Rahmawati Oktoviana Fadilah
Date Deposited: 27 Feb 2023 00:36
Last Modified: 27 Feb 2023 00:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64776

Actions (login required)

View Item View Item