Adawiyah, Sifa Robiatul (2022) Pengembangan bahan ajar e-majalah berbasis SETS (Science, Environment, Technology and Society) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan literasi sains merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam abad ke-21 dan revolusi industri 4.0. Peserta didik saat ini rata-rata memiliki nilai kemampuan literasi sains yang rendah karena minimnya bahan ajar yang digunakan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan bahan ajar e-majalah berbasis SETS, mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar E-Majalah berbasis SETS, meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dan mengetahui tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar e-majalah berbasis SETS. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan atau research and development (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Cikancung yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan: penilaian kelayakan bahan ajar E-Majalah berbasis SETS oleh ahli media, ahli materi dan guru fisika menyimpulkan bahwa bahan ajar e-majalah berbasis SETS layak digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sangat layak dengan skor 84% dari 100%. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar e-majalah berbasis SETS sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dengan skor 82,9 dari 100. Peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik ditandai dengan rata-rata N-gain 0,63 yang terkategori sedang; tanggapan peserta didik terhadap e-majalah berbasis SETS terkategori sangat baik dengan nilai 92,3 dari 100.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Majalah; SETS; Literasi sains; Fluida statis; |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sifa Robiatul Adawiyah |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 05:48 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 05:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64842 |
Actions (login required)
View Item |