Pengembangan bahan ajar e-majalah berbasis SETS (Science, Environment, Technology and Society) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik

Adawiyah, Sifa Robiatul (2022) Pengembangan bahan ajar e-majalah berbasis SETS (Science, Environment, Technology and Society) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi sains merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam abad ke-21 dan revolusi industri 4.0. Peserta didik saat ini rata-rata memiliki nilai kemampuan literasi sains yang rendah karena minimnya bahan ajar yang digunakan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan bahan ajar e-majalah berbasis SETS, mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar E-Majalah berbasis SETS, meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dan mengetahui tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar e-majalah berbasis SETS. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan atau research and development (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Cikancung yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan: penilaian kelayakan bahan ajar E-Majalah berbasis SETS oleh ahli media, ahli materi dan guru fisika menyimpulkan bahwa bahan ajar e-majalah berbasis SETS layak digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sangat layak dengan skor 84% dari 100%. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar e-majalah berbasis SETS sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dengan skor 82,9 dari 100. Peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik ditandai dengan rata-rata N-gain 0,63 yang terkategori sedang; tanggapan peserta didik terhadap e-majalah berbasis SETS terkategori sangat baik dengan nilai 92,3 dari 100.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Majalah; SETS; Literasi sains; Fluida statis;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Sifa Robiatul Adawiyah
Date Deposited: 28 Feb 2023 05:48
Last Modified: 28 Feb 2023 05:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64842

Actions (login required)

View Item View Item