Efektivitas surat edaran KEMENAG tentang pelayanan pernikahan di masa PPKM darurat dalam meningkatkan pelayanan di KUA Kecamatan Cinambo tahun 2021

Andriansyah, Raden Muhammad Anggrid (2022) Efektivitas surat edaran KEMENAG tentang pelayanan pernikahan di masa PPKM darurat dalam meningkatkan pelayanan di KUA Kecamatan Cinambo tahun 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy

Abstract

Kantor urusan agama merupakan salah satu dari penyelenggara pelayanan publik khususnya dalam bidang keagamaan, yang secara langsung melayani masyarakat. Namun pada tahun 2021, disaat wabah covid-19 masih ada dan berdasarkan assesmen situasi pandemi, persebaran virus ini semakin meningkat di berbagai daerah sehingga pemeritah mengeluarkan kebijakan PPKM darurat, dengan adanya pembatasan kegiatan ini serta karena adanya kekhawatiran terhadap risiko persebaran wabah covid-19, KEMENAG mengeluarkan Surat edaran KEMENAG RI Nomor: P-001/DJ.III/Hk.007/07/2021 yang mengatur tata cara pelaksanaan pelayanan pernikahan di masa PPKM darurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa efektif surat edaran KEMENAG tentang pelayanan pernikahan di masa PPKM darurat dalam meningkatkan pelayanan di KUA Kecamatan Cinambo tahun 2021 dengan menggunakan teori Riant (2012:107), yang terdiri dari 5 tepat kebijakan yaitu: tepat kebijakan, tepat pelaksanaan, tepat target, tepat lingkungan dan tepat proses. Metode penelitian yang digunakan yaitu memakai metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Serta untuk teknik analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas surat edaran KEMENAG tentang pelayanan pernikahan di masa PPKM darurat dalam meningkatkan pelayanan di KUA Cinambo Tahun 2021 dapat dikatakan sudah cukup berjalan dengan baik jika dilihat dari dimensi tepat kebijakan, tepat pelaksanaa, tepat target, dan tepat lingkungan namun pada tepat proses mengalami suatu hambatan karena ada sebagian masyarakat yang masih kurang mengerti teknologi merasa kesulitan dalam melakukan pendaftaran pelayanan yang harus dilakukan secara online, hal ini menunjukkan kurangnya kesiapan masyarakat terhadap proses pendaftaran pernikahan yang mengharuskan pendaftaran secara online, namun hal ini dapat diatasi dengan adanya pengarahan dari staff KUA yang membimbing masyarakat dalam melakukan pendaftaran secara online ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Surat Edaran Kemenag RI Nomor: P-001/DJ. III/Hk. 007/07/2021; Pelayanan Publik;
Subjects: Political Ethics > Duties of The State
Political dan Government Science
Constitutional and Administrative Law
Public Administration
Specific Field of Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rd. Muhammad Anggrid Andriansyah
Date Deposited: 02 Mar 2023 09:41
Last Modified: 02 Mar 2023 09:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65047

Actions (login required)

View Item View Item