Peranan Humas (Public Relations) dalam upaya meningkatkan komunikasi publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Sultansyah, Achmad Syechan (2022) Peranan Humas (Public Relations) dalam upaya meningkatkan komunikasi publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan humas dari zaman ke zaman mendapati perubahan yang sangat signifikan sehingga perubahan-perubahan dari waktu ke waktu penyampain informasi dilakukan dengan strategis dan bermacam-macam teknologi. Kebutuhan public ialah informasi yang dituntut harus di sampaikan dengan berbagai cara ataupun kegiatan sehingga membentuk suatu fungsi materi pendidikan, mempengaruhi suatu persepsi public, memberikan suatu hiburan didalam informasi. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan humas dalam meningkatkan komunikasi public guna informasi melalui model proses Four Step PR yang dikembangkan oleh Cutlip & Center ini membahas proses yang bersifat dinamis dari seorang humas dalam merencanakan komunikasi yang akan dibangun, adapula 4 proses tersebut adalah Research/Fact Finding, Planning, Action, & Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan paradigma kontuktivisme dengan pendekatan kualitatif secara interpretatif. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan adanya data berupa data primer dan data sekunder melalui Teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa BMKG sudah dapat melaksanakan bagaimana peran humas (Public Relations) dalam meningkatkan komunikasi publik pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ini memalui model proses Four Step Public Relations sebagai berikut :1) Tahap perencanaan (planning) menentukan riset, lalu membuat dan merancang suatu program kegiatan serta publik mana yang akan dituju; 2) Tahap controlling communication dengan mengontrol komunikasi dalam menjalin hubungan dengan publik serta bagaimana mengoptimalkan komunikasi publik; 3) tahap evaluasi (evaluating) bagaimana apa saja yang menjadikan indikator keberhasilan dalam meningkatnya komunikasi publik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Masyarakat; Komunikasi Publik; Four Step PR
Subjects: Communities > Structure Communities
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Achmad Syechan Sultansy
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:40
Last Modified: 07 Mar 2023 02:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65307

Actions (login required)

View Item View Item