Penerapan strategi Active Learning Tipe Quiz Team untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Mangunsari

Andriani, Cindy (2023) Penerapan strategi Active Learning Tipe Quiz Team untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Mangunsari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MI Mangunsari yaitu beberapa hasil belajar siswa terhadap materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kurang dan rendah. Tujuan penelitan ini yaitu: 1) Mendeskrifsikan hasil belajar siswa kelas IV sebelum diterapkan strategi active learning tipe quiz team pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). 2) Mendeskrifsikan proses diterapkan strategi active learning tipe quiz team pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV pada setiap siklus. 3).Mendeskrifsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah seluruh siklus diterapkan strategi active learning tipe quiz team pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus dengan menggunakan desain yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan setiap siklusnnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan pada kelas IV MI Mangunsari yang terdiri dari 14 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, tes uraian, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar siswa pada prasiklus masih rendah yaitu dengan skor rata-rata sebesar 46,07 (tidak baik) dan terdapat empat siswa yang telah mencapai atau melampaui nilai KKM yaitu 70 yaitu sebesar 28,57% (kurang). 10 siswa yang belum mecapai nilai KKM dengan presentase 71,42%. 2) Penerapan strategi active learning tipe quiz team pada mata pelajaran IPA dapat terlaksana dengan baik. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu mendapatkan 79,48% (baik), sedangkan presentase aktivitas siswa sebesar 58,60% (kurang). Pada siklus II presentase aktivitas guru sebesar 85,89% (sangat baik), sedangkan presentase aktivitas siswa yaitu sebesar 68,01% (cukup). Pada siklus III presentase aktivitas guru sebesar 89,74% (sangat baik). Sedangkan presentase aktivitas siswa yaitu sebesar 79,87% (baik). 3) Adanya peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus yaitu terjadi peningkatkan dari 46,07 (tidak baik) pada prasiklus, meningkat pada siklus I mejadi 63,21 (cukup baik), meningkat menjadi 74,28 (cukup baik) pada siklus II, dan skor rata-rata pada siklus III meningkat menjadi sebesar 83,21 (baik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode; Strategi;
Subjects: Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Elementary Education > Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cindy Andriani
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:43
Last Modified: 08 Mar 2023 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65581

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item