Pengaruh penggunaan media motor Skills Block Interlocking System dan Plastisin terhadap kemampuan motorik halus anak: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Qurrota A’yun kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Handayani, Lestari (2023) Pengaruh penggunaan media motor Skills Block Interlocking System dan Plastisin terhadap kemampuan motorik halus anak: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Qurrota A’yun kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait antusias belajar anak karena media pembelajaran yang digunakan kurang beragam. Di dalam kelas, anak-anak lebih sering menggunakan media buku, pensil, dan krayon. Penggunaan media yang monoton hanya akan melatih motorik halus anak pada aspek yang sama dengan cara yang tidak mengalami perkembangan dalam setiap pembelajarannya, sehingga stimulasi motorik halus yang diterima anak akan kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Kemampuan motorik halus anak melalui media Motor Skills Block Interlocking System (MoBIS) di RA Qurrota A’yun Kec. Rancaekek, 2) Kemampuan motorik halus anak melalui media plastisin di RA Qurrota A’yun Kec. Rancaekek, dan 3) Perbandingan kemampuan motorik halus anak melalui media Motor Skills Block Interlocking System (MoBIS) dan plastisin di RA Qurrota A’yun Kecamatan Rancaekek. Penelitian ini bertolak dari asumsi bahwa media Motor Skills Block Interlocking System (MoBIS) adalah media yang menyenangkan bagi anak dan dapat menstimulasi motorik halusnya. Maka, muncul hipotesis bahwa penggunaan media Motor Skills Block Interlocking System (MoBIS) pengaruhnya akan lebih tinggi terhadap perkembangan motorik halus anak daripada penggunaan media plastisin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Pada desain penelitian ini, terlebih dahulu dilakukan test terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak sebelum diberikan treatment. Kemudian, dilakukan test kembali pada kedua kelompok tersebut untuk mengetahui perkembangan kemampuan motorik halusnya setelah diberikan treatment. Dengan kelas B4 sebagai kelompok eksperimen menggunakan media Motor Skills Block Interlocking System (MoBIS) dan kelas B2 sebagai kelompok kontrol menggunakan media plastisin. Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dianalisis secara kuantitatif. Hasil uji dan analisis pengukuran sebelum dan sesudah dilakukan treatment menggunakan media Motor Skills Block Interlocking System (MoBIS) diperoleh hasil nilai rata-rata pada pretest sebesar 45,56 dan hasil nilai rata-rata posttest adalah 81,85. Pada treatment menggunakan media plastisin diperoleh hasil nilai rata-rata pretest sebesar 47,19 dan hasil nilai rata-rata posttest adalah 74,45. Terdapat perbedaan antara penggunaan media Motor Skills Block Interlocking System (MoBIS) dan plastisin terhadap kemampuan motorik halus anak. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang menunjukan nilai thitung = -0,571 < ttabel = 2,074 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media motor Skills Block Interlocking System dan Plastisin; Motorik Anak; Pendidikan Anak
Subjects: Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Indoor Game and Amusements > Games not Characterized by Action
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Lestari Handayani
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:19
Last Modified: 13 Mar 2023 07:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65712

Actions (login required)

View Item View Item