Pengaruh model Blended terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Kelas V MI

Dewi, Nursyifa Aprilia (2023) Pengaruh model Blended terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Kelas V MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-3.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1-2.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada proses pembelajaran tematik di kelas V MI Matlaul Atfal, bahwa pada saat pembelajaran berlangsung kegiatan belajar cenderung berpusat pada guru, proses pembelajaran masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton, menyebabkan pemahaman siswa kurang serta semangat belajar siswa rendah, sehingga hasil belajar siswa yang diperoleh masih kurang dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model blended learning. (2) hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model konvensional, (3) Perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik menggunakan model Blended Learning dengan menggunakan model Konvensional. Model blended learning merupakan suatu model pembelajaran yang menggabungkan metode pembelajaran secara tatap muka dengan metode pembelajaran berbantukan komputer baik itu secara offline maupun online. Sehingga model ini membuat proses pembelajaran lebih beragam dan hasil belajar siswa meningkat. Hipotesis dalam penelitian ini ialah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik antara siswa yang mengikuti model pembelajaran blended learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah quasi eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi teknik analisis data menggunakan independent t-test dengan taraf signifikansi 5%. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Matlaul Atfal tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah kelas V A, dan kelas V B dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum menerapkan model blended learning memperoleh nilai rata-rata 32,05 dan setelah menerapkan model blended learning memperoleh nilai rata-rata 61,36, hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebelum menerapkan model konvensional memperoleh nilai rata-rata 25,27 dan setelah menerapkan model konvensional memperoleh nilai rata-rata 35,91. Hasil penelitian memperoleh hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model Blended Learning memperoleh peningkatan. Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model Konvensional memperoleh peningkatan. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan model Blended Learning dengan pembelajaran yang menggunakan model Konvensional. Sehingga hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan model Blended Learning berbeda dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model blended learning lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan ditandai adanya peningkatan nilai rata-rata siswa yang cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning;Hasil Belajar;Pembelajaran Tematik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nursyifa Aprilia Dewi
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:27
Last Modified: 16 Mar 2023 08:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/65917

Actions (login required)

View Item View Item