Pengembangan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur'an untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa

Hidayatullah, Inggi Fadila Lu'lu'ul (2023) Pengembangan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur'an untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa ini dilaksanakan di MTs Al-Mahmudiyyah dengan tujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur’an; (2) mengetahui kualitas (validitas, efektivitas, dan praktikalitas) modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur’an; (3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analitis matematis siswa setelah penggunaan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur’an; dan (4) mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan modul dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah metode pengembangan 4D (Four D Model). Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu menunjukkan: (1) berdasarkan proses pengembangan yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran menghasilkan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur’an untuk materi himpunan; (2) kualitas modul dilihat dari segi validitas berdasarkan penilaian seluruh validator berada pada tingkat kategori “sangat baik”, sedangkan efektivitas modul dilihat dari hasil uji coba siswa berada pada tingkat kategori “tinggi”, dan praktikalitas modul berada pada tingkat kategori “baik”; (3) peningkatan kemampuan berpikir analitis matematis siswa dilihat dari hasil rata-rata n-gain berada pada kategori “sedang”; dan (4) tanggapan positif yang diberikan guru dan siswa menunjukkan bahwa modul layak untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar siswa karena sesuai dengan kebutuhan mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul; Konsep Matematika; Interkoneksi Al-Qur’an; Kemampuan Berpikir Analitis Matematis
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Algebra > Algebra Combined with Other Brances
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Inggi Fadila Lu'lu'ul Hidayatullah
Date Deposited: 16 Mar 2023 00:56
Last Modified: 16 Mar 2023 00:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66035

Actions (login required)

View Item View Item