Hidayatullah, Inggi Fadila Lu'lu'ul (2023) Pengembangan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur'an untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dan pengembangan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa ini dilaksanakan di MTs Al-Mahmudiyyah dengan tujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur’an; (2) mengetahui kualitas (validitas, efektivitas, dan praktikalitas) modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur’an; (3) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analitis matematis siswa setelah penggunaan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur’an; dan (4) mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan modul dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah metode pengembangan 4D (Four D Model). Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu menunjukkan: (1) berdasarkan proses pengembangan yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran menghasilkan modul interkoneksi konsep matematika dalam Al-Qur’an untuk materi himpunan; (2) kualitas modul dilihat dari segi validitas berdasarkan penilaian seluruh validator berada pada tingkat kategori “sangat baik”, sedangkan efektivitas modul dilihat dari hasil uji coba siswa berada pada tingkat kategori “tinggi”, dan praktikalitas modul berada pada tingkat kategori “baik”; (3) peningkatan kemampuan berpikir analitis matematis siswa dilihat dari hasil rata-rata n-gain berada pada kategori “sedang”; dan (4) tanggapan positif yang diberikan guru dan siswa menunjukkan bahwa modul layak untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar siswa karena sesuai dengan kebutuhan mereka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul; Konsep Matematika; Interkoneksi Al-Qur’an; Kemampuan Berpikir Analitis Matematis |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an Algebra > Algebra Combined with Other Brances General Management > Research and Development Management (R and D) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Inggi Fadila Lu'lu'ul Hidayatullah |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 00:56 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 00:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66035 |
Actions (login required)
View Item |