Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis generative learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis

Farhataeni, Arina (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis generative learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Proses pengembangan, Validitas, Efektivitas, dan Respon peserta Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum tersedianya bahan ajar selain buku cetak di sekolah, serta kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik perlu ditingkatkan. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Generative Learning yang menjadi alternatif untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek penelitian ini yaitu LKPD berbasis generative learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Proses pengembangan, Validitas, Efektivitas, dan Respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Generative Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yakni: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan media, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD berbasis generative learning. Hasilnya yaitu: (1) Berdasarkan proses pengembangan LKPD berbasis Generative Learning dengan menggunakan model ADDIE dihasilkan bahwa LKPD berbasis Generative Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X berbentuk cetak; (2) LKPD berbasis Generative Learning layak digunakan berdasarkan penilaian para ahli karena dinyatakan “Sangat Valid” berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media; (3) Efektivitas LKPD berbasis Generative Learning dinyatakan “Sangat Efektif” yang menunjukkan LKPD berbasis Generative Learning sangat efektif untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis; (4) Respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Generative Learning dikategorikan “Baik” yang menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon yang baik terhadap LKPD berbasis Generative Learning yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Generative Learning; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Arina Farhataeni
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:27
Last Modified: 15 Mar 2023 02:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66036

Actions (login required)

View Item View Item