Pengembangan kurikulum Pesantren Berbasis Learner-Centre Curricullum: Studi atas kurikulum Pondok Pesantren Nur El Falah dan Manba'ul Huda Serang Banten

Ahmad Yury Alam, Fathallah (2023) Pengembangan kurikulum Pesantren Berbasis Learner-Centre Curricullum: Studi atas kurikulum Pondok Pesantren Nur El Falah dan Manba'ul Huda Serang Banten. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan yang mempertahankan pendidikan tradisional, konservatif dan terbelakang, seiring dengan perkembangan yang menuntut lembaga Pesantren untuk dapat menjawab kebutuhan dan perkembangan zaman. Pengembangan kurikulum merupakan salah satu upaya untuk melakukan pembaharuan pendidikan di pesantren, model pengembangan yang saat ini banyak digunakan di pendidikan formal adalah Learner-Centred Curriculum yang di duga telah di kembangakan di pesantren Nur El Falah dan Manba’ul Huda Serang. Penelitian ini perupaya menganalisis dan menemukan (1)karakteristik kurikulum Pesantren Nur El Falah dan Manba’ul Huda Serang (2) pengembangan kurikulum pesantren Nur El Falah dan Manba’ul Huda Serang berbasis Learner Center Curriculum (3)peran pimpinan pesantren dalam pengembangan kurikulum(4)persepsi santri dan orang tua terhadap pengembangan kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan cara studi kasus dan multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, pengamatan peran serta, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis multikasus yang di lakukan dua tahap, yaitu: analisis data kasus individu (individual case), dan analisis data lintas kasus (cross case analysis). Pengecekan data dengan menggunakan, kredibilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menjukan bahwa: (1)Karakteristik Pesantren Nur El Falah menjalankan jenis pendidikan kolaboratif sedangkan Pesantren Manba’ul Huda menjalankan pendidikan tradisional, Pesantren Nur El Falah menerapkan beberapa jenis kurikulum seperti broads fields curriculum, Correlated Curriculum, dan Separated Subject Curriculum dengan penyesuaian tiap tingkatan, sedangkan pada pesantren Manba’ul Huda hanya menerapkan jenis kurikulum Separated Subject Curriculum (2)Pengembangan kurikulum di Pesantren Nur El Falah telah menjalankan pengembangan berbasis Learner-Centred Curriculum dengan perngaplikasiannya yang variatif, sedangkan di pesantren Manba’ul Huda penerapan pembelajaran yang berpusat pada santri dan hanya terdapat pada pembelajran (Student Centered Learning).(3) peran pimpinan pesantren terhadap pengembangan kurikulum meliputi (a)Perancang/Desainer (c) Fasiliator (d) Organisator (e) Pengevaluasi (d) Orang tua. (4)Persepsi santri dan orang tua terhadap pengembangan kurikulum menggambarkan dampak pengembangan kurikulum.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kurikulum; Pesantren Nur El falah'; Manba'ul Huda
Subjects: Education > Organization of Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Yury Alam Fathallah
Date Deposited: 15 Mar 2023 06:59
Last Modified: 15 Mar 2023 06:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66072

Actions (login required)

View Item View Item