Ahmad Yury Alam, Fathallah (2023) Pengembangan kurikulum Pesantren Berbasis Learner-Centre Curricullum: Studi atas kurikulum Pondok Pesantren Nur El Falah dan Manba'ul Huda Serang Banten. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (705kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
Abstract
Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan yang mempertahankan pendidikan tradisional, konservatif dan terbelakang, seiring dengan perkembangan yang menuntut lembaga Pesantren untuk dapat menjawab kebutuhan dan perkembangan zaman. Pengembangan kurikulum merupakan salah satu upaya untuk melakukan pembaharuan pendidikan di pesantren, model pengembangan yang saat ini banyak digunakan di pendidikan formal adalah Learner-Centred Curriculum yang di duga telah di kembangakan di pesantren Nur El Falah dan Manba’ul Huda Serang. Penelitian ini perupaya menganalisis dan menemukan (1)karakteristik kurikulum Pesantren Nur El Falah dan Manba’ul Huda Serang (2) pengembangan kurikulum pesantren Nur El Falah dan Manba’ul Huda Serang berbasis Learner Center Curriculum (3)peran pimpinan pesantren dalam pengembangan kurikulum(4)persepsi santri dan orang tua terhadap pengembangan kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan cara studi kasus dan multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, pengamatan peran serta, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis multikasus yang di lakukan dua tahap, yaitu: analisis data kasus individu (individual case), dan analisis data lintas kasus (cross case analysis). Pengecekan data dengan menggunakan, kredibilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menjukan bahwa: (1)Karakteristik Pesantren Nur El Falah menjalankan jenis pendidikan kolaboratif sedangkan Pesantren Manba’ul Huda menjalankan pendidikan tradisional, Pesantren Nur El Falah menerapkan beberapa jenis kurikulum seperti broads fields curriculum, Correlated Curriculum, dan Separated Subject Curriculum dengan penyesuaian tiap tingkatan, sedangkan pada pesantren Manba’ul Huda hanya menerapkan jenis kurikulum Separated Subject Curriculum (2)Pengembangan kurikulum di Pesantren Nur El Falah telah menjalankan pengembangan berbasis Learner-Centred Curriculum dengan perngaplikasiannya yang variatif, sedangkan di pesantren Manba’ul Huda penerapan pembelajaran yang berpusat pada santri dan hanya terdapat pada pembelajran (Student Centered Learning).(3) peran pimpinan pesantren terhadap pengembangan kurikulum meliputi (a)Perancang/Desainer (c) Fasiliator (d) Organisator (e) Pengevaluasi (d) Orang tua. (4)Persepsi santri dan orang tua terhadap pengembangan kurikulum menggambarkan dampak pengembangan kurikulum.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan kurikulum; Pesantren Nur El falah'; Manba'ul Huda |
Subjects: | Education > Organization of Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ahmad Yury Alam Fathallah |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 06:59 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 06:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66072 |
Actions (login required)
View Item |