Bimbingan kelompok dengan teknik Self-Management untuk mengurangi perilaku konsumtif : Penelitian pada santri PPS Ar-Raaid

Sarah, Sera Siti (2022) Bimbingan kelompok dengan teknik Self-Management untuk mengurangi perilaku konsumtif : Penelitian pada santri PPS Ar-Raaid. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Makhluk hidup memiliki kebutuhan yang perlu untuk dipenuhi, begitupun manusia memiliki kebutuhan yang beragam antara satu dan lainnya, baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Ada yang kebutuhannya secara wajar dan ada juga yang berlebihan, hal tersebutlah yang menjadi penyebab seseorang untuk melakukan perilaku konsumtif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi perilaku konsumtif adalah dengan melakukan bimbingan dengan teknik Self-Management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Karakteristik perilaku konsumtif pada santri PPS Ar-Raaid, (2) Proses penerapan bimbingan dengan teknik Self-Management untuk mengurangi perilaku konsumtif pada santri PPS Ar-Raaid, serta (3) Hasil dari proses penerapan bimbingan dengan teknik Self-Management untuk mengurangi perilaku konsumtif pada santri PPS Ar-Raaid. Teori yang digunakan adalah teori behavioristik yang mana dalam teori ini perubahan tingkah laku seseorang terjadi sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Dalam teori ini dijelaskan bahwa kepribadian manusia dibentuk oleh lingkungan, dan bagian penting dari lingkungan adalah orang lain, salah satunya lingkungan sosial yang berpengaruh adalah pondok pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengasuh dan santri yang diduga memiliki perilaku konsumtif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) karakteristik perilaku konsumtif santri di Pondok Pesantren Ar-Raaid sangat beragam; (2) proses penerapan bimbingan kelompok terjadi melalui beberapa tahapan, yakni tahapan permulaan membahas mengenai pengenalan suatu masalah, tahap pertengahan sebagai fase pemusatan terhadap tujuan yang ingin dicapai. Kemudian, penutup para anggota berbagi pengalaman, mencari solusi untuk berubah dengan memanfaatkan yang telah mereka pelajari; (3) bimbingan kelompok yang dilakukan sangat membantu para santri agar bisa lebih memanajemen dirinya sehingga kehidupannya bisa teratur. Bimbingan kelompok ini dilaksanakan bersifat preventif atau pencegahan supaya santri tidak melakukan perilaku konsumtif secara terus menerus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok; self-management; perilaku konsumtif
Subjects: Social Groups
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Sera Siti Sarah
Date Deposited: 16 Mar 2023 06:38
Last Modified: 16 Mar 2023 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66131

Actions (login required)

View Item View Item