Pembelajaran Bahasa Arab di MA Husnul Khotimah dan SMA IT Al-Multazam Kuningan: Penelitian quasi eksperimen penggunaan pendekatan psikolinguistik

Hakim, Lutfiyah (2023) Pembelajaran Bahasa Arab di MA Husnul Khotimah dan SMA IT Al-Multazam Kuningan: Penelitian quasi eksperimen penggunaan pendekatan psikolinguistik. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Disertasi - Revisi OK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Arab - SIP.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kelabilan siswa MA HK dan SMA IT AM pada saat mereka belajar bahasa Arab khususnya pada kemahiran berbicara atau maharah kalam. Padahal para pengajar bahasa Arab di kedua sekolah tersebut sudah memiliki spesifikasi kemampuan bahasa secara profesional di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab maharah kalam (kemahiran berbicara), dan melihat aspek yang lebih dominan dalam membentuk keterampilan berbahasa siswa MA HK dan SMA IT AM sehingga mereka mampu memproduksi bahasa lalu berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan psikolinguistik (behaviorisme, linguistik) Skinner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental. Penelitian dimaksudkan untuk menguji hipotesis (hipotesis testing) tentang pembelajaran bahasa Arab (maharah kalam) dengan pendekatan psikolinguistik di MA HK dan SMA IT AM Kuningan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran bahasa Arab di MA HK dan SMA IT AM memiliki tujuan yang berbeda tetapi di sisi lain memiliki tujuan yang sama yaitu agar siswa mampu berbicara bahasa Arab dengan fasih dan benar sesuai kaidah bahasa Arab; (2) Desain pembelajaran bahasa Arab di MA HK menggunakan buku Bayna Yadaika sedangkan di SMA IT AM menggunakan modul pembelajaran bahasa Arab yang dibuat oleh lembaganya sendiri; (3) Secara garis besar implementasi pembelajaran bahasa Arab di kedua sekolah ini sama, yaitu mengajarkan bahasa Arab di beberapa waktu yang sama yaitu di sekolah dan di luar sekolah pada jam 05.30 setelah solat subuh. Siswa diberikan stimulan mufrodat (kosa kata baru) dan diberikan drill berulang sampai mereka hafal dan bisa melafalkannya dengan benar lalu mereka disuruh membuat kalimat dari kosa kata baru tersebut: (4) Faktor pendukung dalam pembelajaran bahasa Arab di kedua sekolah ini di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti lab bahasa, dan lingkungan bahasa yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran bahasa Arab di kedua sekolah ini adalah dari faktor individu siswa; (5) Pembelajaran menggunakan pendekatan psikolinguistik tingkat keberhasilan siswa dalam belajar meningkat secara signifikan setelah diberikan treatment sebagaimana teori psikolinguistik yaitu pemberian motivasi, stimulus, respon, drill, reward dan punishment. Guru saat memberikan pembelajaran bahasa Arab tidak monoton sehingga terjalinlah ikatan yang saling ketergantungan antara siswa dan guru. Dalam hal ini, siswa akan merindukan figur guru yang menyenangkan, ramah, dan humble kepada mereka.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Bahasa Arab; pendekatan; psikolinguistik;
Subjects: Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: Lutfiyah Hakim
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:42
Last Modified: 16 Mar 2023 08:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66150

Actions (login required)

View Item View Item