Penerapan metode Maqdis untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an kelas IV di SD Sedunia : Penelitian tindakan kelas di SD Sedunia Kabupaten Bandung

Milenia, Fitri (2022) Penerapan metode Maqdis untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an kelas IV di SD Sedunia : Penelitian tindakan kelas di SD Sedunia Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh oleh hasil wawancara dengan guru tahfizh dan hasil observasi dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Sedunia. Bahwasannya pada saat pembelajaran, kemampuan membaca Al-Qur’an terdapat beberapa peserta didik yang melakukan kesalahan saat membaca Al-Qur’an dikarenakan kemampuan peserta didik yang bervariasi. Dengan alokasi waktu yang kurang sehingga pendidik merasa kurang dapat mengontrol keadaan setiap peserta didiknya dengan baik, seharusnya tidak hanya menghafal di dalam kelas saja, namun juga dibimbing oleh orang yang ada dalam lingkungan rumahnya. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui: (1) kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik sebelum menerapkan metode MAQDIS, (2) gambaran proses yang diterapkan metode MAQDIS, (3) peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada setiap siklusnya saat diterapkan metode MAQDIS. Metode MAQDIS merupakan metode membaca Al-Qur'an yang memiliki ciri-ciri dalam pengajaran membaca memiliki jurus yang unik dan asyik sehingga memudahkan dalam membaca Al-Qur'an.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, lembar unjuk kerja kemampuan membaca Al-Qur’an, lembar observasi aktivitas pendidik dan peserta didik. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Sedunia yang berjumlah 14 peserta didik. Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik pada tahap pra siklus sebelum penerapan metode MAQDIS dalam pembelajaran tahfizh kelas IV SD SEDUNIA memperoleh nilai ketuntasan klasikal 42,85% dengan rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik 64,32. Adapun gambaran proses pembelajaran tahfizh dengan diterapkannya metode MAQDIS dilihat dari aktivitas peserta didik dan pendidik, aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai 77,86% dengan kategori baik, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 87,85% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas pendidik pada siklus I mencapai 76,92% dengan kategori baik, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 92,31% dengan kategori sangat baik Sedangkan hasil kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik setelah menerapkan metode MAQDIS memiliki rata rata nilai pada siklus I sebesar 69,68 dengan kategori baik, kemudian pada siklus II sebsar 80,43 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode MAQDIS dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di kelas IV SD Sedunia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode MAQDIS; Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Peserta Didik
Subjects: Methodist Churches
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Milenia
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:55
Last Modified: 04 Apr 2023 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66165

Actions (login required)

View Item View Item