Penerapan model pembelajaran ROAR (Read, Observe, Auditory, Review) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Abdullah, Mohammad Naser (2023) Penerapan model pembelajaran ROAR (Read, Observe, Auditory, Review) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

ROAR (Read, Observe, Auditory, Review) merupakan salah model pembelajaran hasil elaborasi (gabungan) dari model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dan PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran, mengetahui adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap pembelajaran model ROAR. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sukaresmi, Tahun Ajaran 2022/2023. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: proses pembelajaran model ROAR ini berjalan dengan lancar dan baik. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari kategori sangat baik di siklus I (94%) menjadi sangat baik di siklus II (98%) dan mengalami penurunan ke kategori sangat baik di siklus III (95%), Aktivitas belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan dari kategori sangat baik di siklus I (94%) menjadi sangat baik di siklus II (95%) dan mengalami penuruan ke kategori sangat baik di siklus III (94%). Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan berdasarkan rata-rata skor yang didapat dari 84,35 pada siklus I menjadi 97,5 pada siklus II dan mengalami penuruan menjadi 92,5 di siklus III, persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan dari 77% di siklus I ke 100% di siklus II kemudianb mengalami penuruan menjadi 93% di siklus III. Guru dan Siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran model ROAR (Read, Observe, Auditory, Review).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ROAR; POE; PQ4R; Komunikasi Matematis;
Subjects: Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Mohammad Naser Abdullah
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:49
Last Modified: 20 Mar 2023 07:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66195

Actions (login required)

View Item View Item