Penggunaan aplikasi Kahoot berbasis elektronik dalam pembelajaran Mufrodat untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab peserta didik : Studi quasi eksperimen pada peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Cimahi

Amni, Rifqy Fauzul (2023) Penggunaan aplikasi Kahoot berbasis elektronik dalam pembelajaran Mufrodat untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab peserta didik : Studi quasi eksperimen pada peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (2).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy

Abstract

Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Cimahi, masalah utama yang perlu dipecahkan adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mufradat. Beberapa kemungkinan penyebab rendahnya pemahaman peserta didik tentang keterampilan menulis jumlah mufidah sehingga berakibat pada rendahnya nilai rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal yang tidak tercapai adalah: (1) Penguasaan mufradat, sangat banyak pesesrta didik yang masih belum menguasai dan mempraktikannya (2) strategi pembelajaran yang digunakan masih belum cukup untuk memfasilitasi pemerolehan pehamaman bagi peserta didik (3) media pembelajaran kurang menarik. Dalam penelitian ini, saya memiliki tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi kahoot berbasis elektronik dalam pembelajaran mufradat, dan efektivitas penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran mufradat untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa: penggunaan aplikasi kahoot berbasis elektronik dalam pembelajaran mufradat dapat meningkatkan hasil belajar di dalamnya. Penulis mengajukan hipotesis yang telah ditetapkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab untuk mata pelajaran mufradat menggunakan aplikasi kahoot berbasis elektronik. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen (nonequivalent control group design), pre-test dan post-test. Adapun metodenya adalah dokumentasi, tes, dan angket/kuesioner. Setelah penulis meneliti, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran mufradat terhadap kelas eksperimen sebelum menggunakan aplikasi kahoot terdapat hasil nilai rata-rata nilai 72, sedangkan terhadap kelas kontrol terdapat hasil rata-rata 57 dari pelaksanaan pretest. Kemudian setelah melaksanakan treatment pembelajaran penggunaan aplikasi kahoot terhadap kelas eksperimen terdapat hasil nilai rata-rata 84, sedangkan pembelajaran terhadap kelas control menggunakan metode ceramah terdapat hasil nilai rata-rata 65 dari pelaksanaan post-test. Hal tersebut memiliki peningkatan hasil belajar terhadap kelas eksperimen sebesar 48%, sedangkan kelas kontrol sebesar 35%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran mufradat dapat meningkatkan lebih tinggi hasil belajar terhadap kelas eksperimen dibandingkan denga kelas kontrol dengan dibuktikan melalui pretest dan post-test. Penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran mufradat lebih efektif setelah diterapkan tes lisan, menunjukkan peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan nilai rata-rata 93.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Kahoot;Elektronik;Mufradat
Subjects: Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rifqy Fauzul Amni
Date Deposited: 20 Mar 2023 06:44
Last Modified: 20 Mar 2023 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66353

Actions (login required)

View Item View Item