Heningsasmito, Bayu Nugroho (2023) Penerapan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (bab 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
||
Text (bab 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
||
Text (bab 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
||
Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian dipilih melalui teknik Purposive Sampling, yaitu sampelnya ditentukan berdasarkan kriteria tertentu oleh pihak guru mata pelajaran biologi di sekolah. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Manshuriyah, Kabupaten Sukabumi. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa soal kognitif, lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan Hasil Perhitungan statistik uji Paired Sample Test menujukan Sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model Direct Instruction. Data hasil penelitian berupa keterlaksanaan Pembelajaran menggunakan model Direct Instruction memperoleh skor ketercapaian aktivitas guru sebesar 85% dengan kategori baik, dan keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 80% dengan kategori baik. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Direct Instruction memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,64% dengan kategori sedang. Nilai N-Gain per indikator tertinggi yaitu C6 dengan skor 0,82 sedangkan yang terendah pada indikator C5 dengan skor 0,53. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Direct Instruction memperoleh nilai 81% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Direct Instruction; hasil belajar siswa; materi Ekosistem |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Bayu Bayu Nugroho Heningsasmito |
Date Deposited: | 31 Mar 2023 03:15 |
Last Modified: | 31 Mar 2023 03:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66414 |
Actions (login required)
View Item |