Pengaruh metode Imla terhadap kemampuan menulis Arab siswa kelas V di MI Roudotutta’lim : Penelitian quasi eksperiment MI Roudotutta’lim Kec. Batujajar, Kab. Bandung Barat

Anwar, Saepul (2023) Pengaruh metode Imla terhadap kemampuan menulis Arab siswa kelas V di MI Roudotutta’lim : Penelitian quasi eksperiment MI Roudotutta’lim Kec. Batujajar, Kab. Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui proses penerapan metode imla terhadap kemampuan menulis Arab pada siswa eksperimen di kelas V MI Roudotutta’lim, 2) Mengetahui kemampuan menulis Arab siswa kelas V di MI Roudotutta’lim sebelum diterapkannya metode imla, 3) Mengetahui kemampuan menulis Arab siswa kelas V di MI Roudotutta’lim setelah diterapkan metode imla, 4) Mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode imla terhadap kemampuan menulis Arab siswa kelas V di MI Roudotutta’lim. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probality sampling. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kelas VA (kelas eksperimen) dan kelas VB (kelas kontrol). Instrumen penelitiannya yaitu tes menulis Arab. Hasil dari penelitian ini adalah 1) proses pembelajaran dengan menerapkan metode imla pada kelas eksperimen yang dilakukan sebanyak 4 pertemuan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan Rancangan Perangkat Pembelajaran (RPP), 2) Kemampuan menulis Arab siswa sebelum diterapkan metode imla dilakukan pretest yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Melalui uji mann whitney didapat hasil nilai sig. (2pihak) 0,419 > 0,05 maka H0 diterima. Berarti tidak terdapat perbedaan kemampuan menulis Arab siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, 3) Kemampuan menulis Arab siswa setelah diterapkan metode imla dilakukan posttest yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diterapkan metode imla yang dibuktikan dengan nilai hasil posttest 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, 4) Pengaruh penerapan metode imla dapat dilihat dari adanya perbedaan nilai rata-rata peningkatan kemampuan menulis Arab pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil rata-rata skor N-Gain bernilai sig. (2 pihak) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Berarti kemampuan siswa meningkat setelah diberikan perlakuan berupa penerapan metode imla.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode Imla; Kemampuan Menulis Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saepul Anwar
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:12
Last Modified: 28 Mar 2023 04:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66512

Actions (login required)

View Item View Item