Hubungan kecanduan Game Online terhadap hasil belajar peserta didik: Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V dan VI di MI Cibonte Kota Banjar

Risnawati, Hera (2023) Hubungan kecanduan Game Online terhadap hasil belajar peserta didik: Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V dan VI di MI Cibonte Kota Banjar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang bermain game online di kelas V dan VI maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di MI Cibonte Banjar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui tingkat kecanduan bermain game online pada peserta didik di kelas V dan VI di MI Cibonte Banjar 2) Mengetahui hasil belajar peserta didik kelas V dan VI di MI Cibonte Banjar yang menggunakan game online 3) Mengetahui hubungan kecanduan game online terhadap hasil belajar peserta didik kelas V dan VI di MI Cibonte Banjar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas V dan VI di MI Cibonte Banjar yang terdiri dari 30 siswa MI Cibonte Banjar. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat kecanduan game online pada peserta didik di MI Cibonte Banjar menunjukan hasil sebesar 77% dengan kategori sedang 2) hasil belajar peserta didik di MI Cibonte Banjar menunjukkan hasil sebesar 70% berada pada kategori sedang 3) hubungan antara kecanduan game online terhadap hasil belajar pada kelas V dan VI di MI Cibonte Banjar dalam kategori lemah. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji korelasi yang menggunakan rumus rank spearman bahwa ρ sebesar -0,385 dengan signifikan 0,036. Hasil penelitian menemukan hubungan negatif signifikan antara kecanduan game online terhadap hasil belajar peserta didik dengan kategori lemah. Dengan demikian, semakin tinggi variabel tingkat kecanduan game online maka semakin rendah variabel hasil belajar dan beitupun sebaliknya semakin rendah variabel kecanduan game online maka semakin tinggi hasil belajar. Adapun hubungan kecanduan game online terhadap hasil belajar peserta didik kelas V dan VI di MI Cibonte Banjar sebesar 14,28%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecanduan game online; hasil belajar; peserta didik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Indoor Game and Amusements > Games of Action
Indoor Games of Skill > Electronic Game
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hera Risnawati
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:03
Last Modified: 05 Apr 2023 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66671

Actions (login required)

View Item View Item