Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penerapan Voucher Cashback dalam bentuk Gopay Coins pada jual beli online di Tokopedia

Bahari, Finhas (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penerapan Voucher Cashback dalam bentuk Gopay Coins pada jual beli online di Tokopedia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi yang begitu pesat memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan manusia saat ini, salah satunya dalam melakukan transaksi jual beli tanpa harus dilakukan secara langsung antara penjual dan pembeli atau disebut dengan jual beli online. Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, hal tersebut dikarenakan banyaknya promosi yang diberikan kepada konsumen seperti diskon, gratis ongkir dan cashback yang sangat menguntungkan konsumen dalam berbelanja. Akan tetapi, berkaitan dengan cashback berupa gopay coins yang telah diperoleh konsumen memiliki syarat dan ketentuan, khususnya dalam hal adanya masa berlaku (kedaluarsa) yang menyebabkan konsumen merasa dirugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ketentuan pemakaian voucher cashback dalam bentuk gopay coins pada jual beli online di Tokopedia, 2) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penerapan voucher cashback dalam bentuk gopay coins pada jual beli online di Tokopedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada empat orang mahasiswa pengguna Tokopedia khususnya pengguna cashback gopay coins dan wawancara secara tidak langsung kepada customer service Tokopedia Care, serta observasi secara tidak langsung melalui aplikasi Tokopedia. Adapun data sekunder dalam penelitian ini berupa data penunjang seperti jurnal, buku literatur, peraturan dan fatwa DSN-MUI yang berkaitan dengan objek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ketentuan mengenai cashback gopay coins telah memenuhi peraturan yang telah ditetapkan, namun penerapan cashback dalam bentuk gopay coins nyatanya masih banyak konsumen yang merasa dirugikan, dikarenakan tidak membaca dan memahami seluruh syarat dan ketentuan yang telah dibuat oleh pihak Tokopedia. 2) Penerapan ketentuan voucher cashback dalam bentuk gopay coins pada jual beli online di Tokopedia ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah secara keseluruhan telah sesuai dengan yang disyariatkan, sehingga hukumnya sah (shahih) dan diperbolehkan untuk transaksi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cashback; Gopay Coins; Ju'alah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Finhas Bahari
Date Deposited: 10 May 2023 01:04
Last Modified: 10 May 2023 01:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67719

Actions (login required)

View Item View Item